Jumat, 22 Februari 2013

Lapis Beras Pandan Perdana


Sore-sore menikmati lapis demi lapis kue lapis beras ini benar-benar memenuhi rasa kangen dengan lapis beras jajanan pasar semasa kecil yang sering saya sebut "kue lapis". Biasanya papa suka beliin yang coklat. Jadi lapisnya putih dan coklat. Setiap papa pergi ke kota Solo (kebetulan saya tinggal di Kartasura), apabila beliau sudah pulang saya pasti mencari tentengannya dan mencari kue lapis ini. Kue lapis ini begitu menggoda saya dan akhirnya setelah sekian tahun saya sudah tidak bertemu lagi kemarin menjelajahi paman google dan bertemu dengan resep kue lapis beras.

Resepnya saya ambil dari bu Fat - NCC dengan modifikasi yang sangat sedikit, karena mengikuti keterbatasan bahan ^_*.

Sebenarnya di resep di sarankan untuk pakai loyang tinggi 8cm. Tapi berhubung saya tidak punya loyang tinggi, maka hajar saja buat 0.3 resep pakai loyang brownies 20cm tinggi 4cm. Kenapa 0.3 resep? kembali lagi karena keterbatasan bahan terutama santan yang ternyata hanya ada 200ml saja. Lapis beras ini enak, cuman mungkin saya masih skip daun pandan dan santannya kurang banyak, jadi kurang gurih deh.. Tapi so far sudah enak lho rasanya ^_^.

Tidak panjang2 lagi deh ceritanya, mari di simak ya resepnya.. Silahkan dipraktekan di dapur masing2, jajan pasar yang patut di lestarikan dan di kenalkan kepada anak-cucu kita ^_^. Makin mencintai Indonesia yang penuh dengan kuliner tradisional yang ternyata tidak kalah enak dan sehat (karena free gluten) di banding cake2 international ^_*


LAPIS BERAS

Sumber : Fatmah Bahalwan

Bahan
100 gr tepung sagu
275 gr tepung beras
300 gr gula pasir
1 sdt garam
1.5 lt santan (kalau pakai santan instan pakai perbandingan santan: air = 1:1)
3 lbr daun pandan (saya ganti pasta pandan secukupnya)
6 lbr daun jeruk purut


Cara Membuat
- Masak santan, daun jeruk dan daun pandan sambil diaduk-aduk hingga mendidih, angkat, sisihkan.
- Taruh di wadah, tepung beras, tepung sagu, garam dan gula pasir, aduk rata, tuangi santan sedikit demi sedikit sampai santan habis sambil diuleni hingga menjadi adonan yang encer
- Bagi menjadi 2, 1 bagian diberi pasta pandan, 1 bagian biarkan putih
- Siapkan loyang 18x18x8cm, poles minyak sayur tipis, bagian bawah dialasi plastik.
- Beri 100 ml adonan putih, kukus 10 menit, tuang 100 ml adonan hijau, kukus 10 menit.
- Ulangi terus sampai adonan habis, terakhir kukus 20 menit.
- Dinginkan, keluarkan dari loyang, potong-potong dengan menggunakan pisau yang dilapis plastik.


Note : 
  • Saya hanya buat 0.3 resep, setiap lapisan saya kukus 5 menit, adonan kurleb 50ml.
  • Gunakan api yang sangat kecil agar tidak terbentuk gelembung yang membuat lapisan tidak cantik lagi.

Selamat mencoba... Salam Kulinair Indonesia



Tidak ada komentar: