Rabu, 05 Juli 2017

Brownies Kukus Dekor Sederhana



 Haloo teman2 bakers, lama tak berjumpa. Setelah sekian tahun cuti dari per-blogger-an, akhirnya hari ini saya memberanikan diri dan menyempatkan diri baking dan menulis nie.

Setelah berlibur ke gili yang saya post sebelumnya saya cuti lama karena hamil dan beranak. Skrg anak saya sudah lebih besar saat dia tidur saatnya beraksi di dapur.

Setelah sekian lama cuti baking, bikin yang gampang dulu aja lah ya. Brownies kukus NCC yang pasti gampang, anti gagal dan enak dong.

Kunci dari kelezatan brownies ini ada di DCC (Dark Cooking Coklat) dan coklat bubuknya. Pakai yang kualitas bagus pasti enak kuenya.



Penampakan setelah ditabur gula halus, tetapi cetakan belum diangkat.


Penampakan brownies yangs eperti wajah bulan purnama bolong2 hahaha...


Yuk mari di simak resepnya :

Brownies Kukus NCC

Bahan :
108 gr gula pasir
3btr telur utuh
72 grm tepung terigu
18 grm coklat bubuk
48 grm DCC
37grm mentega
Garam sejumput
Vanili bubuk sejumput - bole ganti vanili cair

Cara Membuat :
1. Siapkan dandang, tutupnya di bungkus kain. Panaskan dandang terlebih dahulu sebelum menyiapkan adonan.
2. Tepung, coklat bubuk, garam dan vanili, campur lalu ayak.
3. Cairkan mentega dengan api kecil, jangan sampai mendidih. Stlh cair sebagian matikan api, masukan dcc agar ikut cair.
4. Campur gula dan telur kocok sampai kental dan putih (jangan overmix ya, kalau mixer diangkat adonan berpita)
5. Masukan campuran tepung sedikit2, sambil di mixer kecepatan paling rendah atau pakai whisk atau spatula. Jangan biarkan ada adonan tepung yang masih menggumpal.
6. Setelah adonan rata, masukan cairan mentega dan dcc aduk balik dengan spatula. Harus diaduk sampai rata agar tidak bantat kuenya.
7. Tuang adonan dalam loyang bundar diameter 15/ 18cm (saya pakai diameter 20, tapi terlalu tipis menurut saya). Jangan lupa ketuk2 adonan agar angin keluar, jd hasilnya tidak bolong2 spt wajah bulan (adonan saya kurang saya ketuk jd spt bulan purnama deh lubang2 hahaha..). Jangan lupa loyangnya dioles mentega dan dialas kertas roti, kalau tidak ada kertas roti oles mentega dan tabur tepung agar tidak lengket.
8. 5menit diawal kukusan dandang dibuka, api kecil-sedang. Setelah itu tutup dandang jangan dibuka2 lagi sampai 20 menit. Setelah 20menit, buka tutup dandang lalu tes tusuk kirnya. Kalau sudah tidak menempel remahan roti di tusukannya artinya kur sudah siap diangkat.
9. Balik kue, di rak pendingin, tunggu sampai dingin lalu hias sesuai selera. Saya hias dengan gula bubuk.

Selamat mencoba.

Tidak ada komentar: