Senin, 14 Januari 2013

Roti Abon aka Fire Floss

Judulnya keren yaa Fire Floss, ikut2 bread talk aja... Eittt jangan salah, memang pake abonnya bread talk kok :)

Abonnya benar2 mirip, sayang rotinya yang kurang perfect *hikzzz* karena saya lupa masukin menteganya *parahhh*... Alhasil roti memang menul2 tapi kurang gimana gitu... Masih enak kok, karena aku saja sudah habis 3 biji tidak sampe setengah hari *lapar atau doyan yak*

Gakapa, gak menyerah.. Besok2 buat lagi...

Resepnya aku ambil dari Hesti kitchen, aku buat sama persis cuma bedanya aku lupa cemplungin mentega dan aku pakai bread maker aja biar gak capek hehehehe...




Di sini aku salin ulang resepnya.

Water Roux :

50 grm tepung cakra/ protein tinggi
250 ml air

Bahan Roti :

400 grm tepung terigu protein tinggi
200 grm tepung terigu protein sedang
100 grm gula pasir
2 sdm susu bubuk full cream
1 btr telur + 1 btr kuning telur
10 grm ragi instant
200 grm water roux
175 - 200 ml air hangat (lupa tadi pakai air biasa 175 ml)
75 grm margarin (lupa masukin :( )
1 sdt garam

Topping :

1 kaleng tuna katsuo
2 biji jamur kaleng potong kecil2
1 siung bawang putih
Mayonaise secukupnya
Abon ayam pedas secukupnya


Cara Membuat :

1. Masukan bahan cair (air, telur, water roux) plus garam dan gula ke dalam bread maker. Setting adonan dought.
2. Setelah adonan cair tercampur, masukan adonan kering (tepung, susu, ragi).
3. Masukan mentega. Tunggu sampai adonan kalis. Angkat dari Bread maker. Pindahkan ke dalam wadah/ baskom besar, tutup dengan kain bersih. Biarkan mengembang 2x lipat.
4. Tinju adonan lalu uleni sebentar di atas meja bertabur terigu.
5. Bagi adonan @40grm. Bulatkan atau isi dengan tuna (cara membuat isian tuna akan saya jelaskan di bawah).
6. DIamkan adonan sampai mengembang 2x lipat. Olesi dengan bahan olesan. Oven suhu 200 derajat celcius kurleb 15menit/ sampai matang.

Cara Membuat isian tuna :

1 Panaskan minyak, tumis bawnag putih sampai harum.
2. Masukan jamur dan tuna. Masak sampai kering. Tiriskan


Selamat mencoba.. Roti ini tetep empuk sampai besok malamnya walaupun saya lupa masukin mentega ^_^. Mungkin karena water roux nya yang buat roti ini tetep empuk. Bayangkan saja kalau saya tidak lupa masukin mentega, betapa aduhai nya rasa roti ini...


Tidak ada komentar: