Kamis, 18 Juli 2013

Resep Bakso Ayam

bakso ayam homemade


Resep bakso ayam ini aku dapat dari mbak Wiwiek group di FB. Tertarik mencoba karena ditulis di situ resep ini anti gagal. Setelah beli ayam fillet 1/2 kg agak2 takut juga ya mencoba semuanya dihabiskan, takut kalau gagal hahahaha.. Akhirnya kuputuskan buat 1/2 resep saja, ternyata banyak juga hasilnya kalau tidak terlalu besar baksonya kira2 20 bakso. Tapi banyak dikitnya tergantung kita ya..

Hasilnya memuaskan banget, suami juga bilang baksonya enak. Walaupun ada bahan yang aku ganti karena tidak ada di rumah, tapi tetap tidak mengurangi rasa baksonya yang cukup kuat. Eit bakso ini gak pake micin lho.. Dan gak pake obat2an apapun, bebas pengawet hehehhee...

Bakso Ayam anti gagal Mbak Wiwiek

Bahan :
500 gr dada Ayam buang kulitnya ya, potong potong supaya mudah di blender
50 gr tepung Kanji / tapioka --> saya ganti tepung sagu
25 gr Garam
70 cc Putih Telur
Merica secukupnya
150 air di kasi Es Batu secukupnya 
1Sdm Minyak Wijen --> saya ganti minyak sayur
1Sdt Gula pasir

Cara Membuat :
- Ayam, putih telur , garam , gula pasir, merica Blender sampai halus.
- Masukan tepung ,minyak ,air es sedikit sedikir sampai kental.
- Matikan Blender.
- Siapkan Air panas dalam Wajan / panci juga boleh ,kemarin saya pakai wajan.
- Sudah mendidih kecilkan api , siap Adonan di cetak dengan tangan, sebesar yang di inginkan.
- Biarkan sampai mengambang / terapung, artinya sudah matang, angkat.
- Celupkan bakso yang sudah matang ke dalam air dingin/ air es sebentar.
- Bisa di goreng , dibuat kuah , di buat campuran mie goreng Cap Chay dll 

Selamat mencoba ya..

NB: udah ngapung kira2 lima menit diangkat ya / di serok biar baksonya ga pecah pecah or jd mekar,tetep bulet dan cantik.

Saya sertakan link mencetak bakso agar cantik (walaupun saya juga belum bisa cantik sih hahahaha)....
http://www.youtube.com/watch?v=A1tJEPKKFKA

Selamat berbakso tanpa vetsin dan enak.. *hehehehhe*


Tidak ada komentar: