Rabu, 05 Februari 2014

Proll Tape

proll tape keju


Masih banyak sisa stok tape di kulkas, buka2 resep tertarik dengan resep proll tape tanpa telur milik bunda Zulfa Chasanah - BKR. Cek2 bahan2nya ternyata semua ada, tapi setelah di timbang2 ada beberapa bahan seperti mentega dan tepungnya kurang.. Sempat mau menunda ekseskusi, tapi akhirnya tetep aja maju terus dengan bahan2 terbatas dan beberapa pergantian bahan yang saya buat. Awalnya ragu apakah proll tape ini akan sukses, karena ngovennya cukup lama baru matang. Ngovennya kurleb 1jam, trus waktu masih panas lembek sekali seperti kenyal2 gitu dan cukup berminyak, mungkin karena penggunaan santan kental yang cukup banyak. Tapi setelah dingin, mencoba untuk dipotong dan difoto, sebelumnya di cicip dulu sedikit.. Ternayta rasanya nyussss saudar2... *jingkrak2 kegirangan*. Seneng banget deh, rasanya enak banget.. Tidak terlalu manis, tapenya berasa, tidak seperti cake atau brownies. Bener2 legit deh rasanya.. Enakkk.... Gak nyesel sama sekali eksekusi resep ini. Malah kata suami sudah mirip ama yang dijual di Jember yang terkenal prol tapenya ^_^.. Jingkrak2 kesenengan hahahahaha....

resep proll tape keju

resep proll tape

Proll tape

Sumber : Zulfa Chasanah - BKR
Modify : Vina

Bahan:
- 250 gr Tape singkong (buang seratnya,remas2)
- 125 gr Mentega - saya pakai 110 grm
- 125 gr Gula pasir - saya pakai 110 grm
- 100 Terigu - saya 70 grm terigu plus 20 grm maizena
- Santan instan 1/2 kotak (Kara) - saya pakai boumas 45ml 
- Air secukupnya - saya 160 ml


Topping:
Keju parut /kismis


adonan proll tape
adonan yang mau masuk oven

Cara:
- Campur semua bahan jadi satu pake sendok kayu,utk air apabila adonan
masih kental tambah air (jgn terlalu kental dan jangan terlalu
encer,sedang2 saja).aduk hingga rata semua, aduknya pelan 2 saja.
- Tuang kedalam loyang brownis 20x10...lalu oven dg suhu 180°C smp matang. Saya oven kira2 1jam.

- Setelah matang, taruh dirak kawat sampai dingin. Setelah dingin potong2 dan sajikan.

Rasanya enak banget.. tapenya berasa, lebih baik pakai tape mentega, karena tapenya sendiri sudah manis :). 

Tidak ada komentar: