Kamis, 26 Maret 2015

Homemade Naan Bread

Naan Bread

Late post terus.. late post terus.. Huhuu.. Kebiasaan nih, kadang suka buat2 foto2 tapi lupa masukin ke blog. Sampe2 Naan Bread ini sudah cukup lama saya buat tapi baru sekarang saya post di blog. Sampe2 ada kue2 yang sudah di foto tapi hilang dan blom post di blog, sedihnya...

Resep Naan bread atau Naan Bread ini saya datpat dari blog JTT. Ceritanya Naan Bread atau roti Naan ini mudah sekali di buta, tanpa oven, hanya modal wajan teflon aja sudah bisa kunikmati flat bread ini. Dikategorikan flat bread karena roti ini bukan jenis roti yang mengembang seperti sweet bread atau roti2 yang pada umumnya kita temukan di toko2. Mudah, enak dan simple kata2 yang pas buat menggambarkan roti Naan ini.

Kalau dilihat dari sumber2 internet naan Bread ini asalnya dari India. Naan Bread ini cocok kalau dipadukand engan kare lho.. Karena rasa dari Naan bread ini sebenarnya agak tawar. tapi kalau anda suka dimakan dengan madu atau hanya begitu saja alias polosan juga enak. Kalau saya sih makan polosan aja, ndak sempat buat karinya. Lagian enak banget dimakan polosan gitu aja.

Untuk prosesnya juga mudah lho, yuks di simak.

roti naan india


Homemade Naan Bread

Sumber : JTT

Bahan:
350 gram tepung terigu serba guna 
50 gram tepung sebagai taburan 
1/4 sendok teh baking powder/baking soda
1 sendok teh ragi instan
1 sendok teh garam
1 sendok makan gula pasir
125 ml air hangat suam kuku
3 sendok makan minyak goreng
120 gram yogurt plain tanpa rasa
mentega cair untuk mengoles
Rempah2 atau biji2an kering - optionalCara membuat:

1. Siapkan mangkuk, masukkan air hangat, minyak goreng, dan yogurt. Aduk rata. Sisihkan. 

2. Siapkan mangkuk/ baskom, aduk jadi satu tepung terigu, baking soda/baking powder, ragi instan, garam dan gula pasir. Tuangkan adonan yogurt ke dalam tepung. Aduk rata dengan spatula hingga menjadi adonan kasar kemudian uleni hingga kompak, menyatu dan smooth. Kira-kira 5 - 6 menit.

Note: adonan cukup lembek karena itu uleni adonan dengan gerakan ringan menggunakan ujung jari yang dilumuri tepung atau minyak, dan sentuh perlahan saja. Jangan menekan adonan kuat-kuat dengan telapak tangan.


3. Bentuk adonan menjadi bulat, masukkan ke dalam mangkuk yang diolesi minyak pada permukaannya dan diamkan selama 1 jam hingga mengembang minimal 2 kali lipat. Kempiskan, kemudian uleni selama sekitar 4 menit, bagi adonan menjadi 8 bagian. Tutup dengan kain bersih dan diamkan hingga masing-masing adonan mengembang 2 kali lipat. 


4. Letakkan sepotong adonan di meja, gilas adonan ke kiri dan ke kanan hingga melebar. Jangan menggilas ke atas kebawah. Taburi dengan rempah-rempah (jinten, oregano atau basil kering) atau biji-bijian (wijen, biji bunga matahari) jika suka dan tekan perlahan dengan kayu penggilas hingga rempah menempel di adonan. 

5. Olesi permukaannya dengan air. Siapkan pan datar anti lengket, dan panaskan hingga benar-benar panas. Letakkan sisi naan yang diolesi dengan air pada permukaan pan panas.Panggang hingga adonan muncul gelembung-gelembung besar dan bagian bawahnya terlihat kecoklatan. 

6. Balikkan adonan, panggang hingga roti mengembang dan dengan menggunakan spatula tekan roti hingga pipih. Angkat dan letakkan di piring. Tutup roti yang telah matang dengan kain bersih agar tetap lembut. Lakukan hingga semua adonan habis. 

7. Saat masih panas, olesi permukaan naan dengan mentega leleh.  Santap naan dengan kari atau gulai yang kental. Atau bisa dinikmati dengan olesan madu..

Nyummy... Must Try

So easy so Simple so good ;)

Tidak ada komentar: