Selasa, 22 April 2014

Fish Ball Homemade

bakso ikan homemade

Fish ball alias bakso ikan buatan sendiri tentu lebih puas ketimbang beli frozen di supermarket ^_^. Fish ball homemade lebih sehat, lebih bersih dan terjamin bahan2nya. Tidka perlu kawatir lagi anak2 ribut pengen fish ball di supermarket, karena di rumah momynya juga udah stok hehehe... Terinspirasi dari ikan kakap merah yang di freezer gak pergi2, makanya saya buat fish ball hahahaha... Googling2 resepnya, dapat deh resep bakso ikan. Tapi saya modifikasi banyak banget, sesuai kira2 saya saja hahahaha.. Saya tambahin agar2 bubuk, es batu dan putih telur. Hasilnya enak lho, seperti bakso daging sapi, tapi ini bahan dasarnya ikan. Agar2 bubuk membantu kekenyalan bakso. Yuk mari momy2 sayang anak kita buat homemade frozen buat keluarga.

Fish Ball Homemade

Bahan :
180 grm kakap fillet/ tengiri , buang kulitnya (disarankan yang fresh)
1 siung bawnag putih cincang dan goreng sampai wangi dan coklat
1 putih telur kocok lepas
1/2 sdt agar2 plain
es batu sedikit (kira2 10persen dari banyaknya daging saja)
garam, merica dan gula secukupnya
tepung sagu secukupnya (tidak saya takar, saya kira2 saja kurang lebih cuma 5-6sdm)
air mendidih

Cara Membuat :
1. Blender daging ikan dan es batu sampai lembut dagingnya.
2. Campur dalam wadah gilingan daging, merica, garam, gula, putih telur, agar2. Campur rata
3. Masukan tepung sagu sedikit-sedikit sampai kira2 daging agak keset (kalau tepung sagu kebanyakan nanti dagingnya gak kerasa)
4. Siapkan air mendidih. Bentuk adonan pakai jari tangan - pijat2 adonan sampai keluar dari antara jari telunjuk dan ibu jari lalu ambil pakai sendok. Atau kalau kesulitan bisa pakai 2 buah sendok untuk membulatkan.
5. Setelah dibentuk, masukan langsung ke dalam air mendidih sampai adonan habis.
6. Terakhir rebus bakso samapi mengapung.

1 resep bakso ini cuma jadi sedikt, kalau mau buat stok saran saya buat 2-3x resep. Setelah direbus bakso bisa di freezer, kalau mau dikonsumsi bisa direbus lagi atau digoreng.

Selamat mencoba...

3 komentar:

Resep Soto Indonesia mengatakan...

Makasih Mbak Vina atas Resepnya.Jadi menambah KOleksi Masakan Saya

Resep Soto Indonesia mengatakan...

Makasih Mbah Informasi Resepnya . Sangat bermanfaat Bagi Saya

Vina mengatakan...

Sama2 mbak.. Semoga bermanfaat juga.. :)