Jumat, 14 September 2012

Rahasia Dapur "Bolu Kukus"

Ini share pertamaku di judul "Rahasia Dapur" di halaman judul ini aku akan memberikan banyak cerita dan berbagi rahasia pada saudara-saudara semua soal dapur. Walaupun dapurku masih imoet dan kecil , tapi aku mencoba berbagi ilmu dengan teman2 semua. Agar apa yang sudah aku dapatkan pelajaran berharga dari dapurku gak keluar dan hilang dengan sia2 :)

Okay masuk ke pokoknya ya setelah intermezo sekian panjang hehehehe...

Trips and Trick agar bolu kukus gak kena kutuk, alais gak mekar :

1. Api kukusan harus super besar *kalau saya api paling besar*, agar uapnya banyak


2. Jangan memasukan banyak2 adonan bolu kukus dalam panci. Pengalaman di kukusan biasa merk Djawa 30cm *bukan salesnya ya, hanya pengalaman aja*, saya isi maksimal 8 adonan (cetakan sedang)

3. Adonan harus benar2 kental berjejak, gunakan metode spong cake --> telur dan gula dan pengembang di aduk sampe kental berjejak baru kemudian tepung dan sprite nya.

4. Sprite yang digunakan lebih baik masih dalam kondisi baru (belum di buka, jadi sodanya masih belum keluar). Lebih baik beli yang botol kaca eceran itu.

5 Isi adonan penuh sampai atas, agar mekarnya bsia sempurna.

6. Setelah bolu kukus keluar darui kukusan, diamkan sebentar sampai dingin lalu segera bungkus rapat, agar tidak kering.

Sekian untuk informasi bolu kukus, nanti akan saya lanjutkan dengan rahasia dapur yang lainnya. Terus ikutin blog saya untuk mendapatkan rahasi2 dan resep2 dapurku ;)



Tidak ada komentar: