Senin, 07 Oktober 2013

Bolu Kukus Strawberry



Waktu baca2 postingan group FB tertarik dengan postingan resep bolu kukus yang katanya lembut dan ringan. Lihat2 dan baca2 langsung deh eksekusi resepnya, kebetulan ada bahannya juga di rumah.

Saya cuma buat 1/2 resep saja, karena katanya 1resep bisa jadi 30biji. Ternyata saya buat 1/2 resep cuma jadi 7 biji hahahhaa.. Beda cetakan kali ya.. hehehehe..

Tapi soal lembut dan ringannya benar lho, enak bolu kukus ini. Suamiku aja abis 3biji dalam waktu sekejap *lapar apa doyan ya* hahaha... Mari teman2 dicobain di rumah masing2 yuks..


Bolu Kukus Stawberry

Bahan :
300 grm gula pasir
3 btr telur
225 cc air - saya ganti susu strawbery
15 grm SP
300 grm terigu - saya pakai kunci biru
10 grm custrad powder / maizena - saya pakai maizena
10 grm susu bubuk - saya skip

Cara membuat :
1. Kocok telur dan gula kurleb 2menit.
2. Masukan custrad powder/ maizena, SP, susu bubuk dan terigu berselang-seling dengan air.
3. Kocok terus hingga kurang lebih 6 menit.
4. Diamkan selama 10-12 menit.
5. Kukus dengan api besar dan dandang yang super panas selama 10-12menit

Selamat mencoba.. ^_^

2 komentar:

Lina IbunyaAzRaf mengatakan...

sungguh tricky kalo bikin bolkus yah, hehehe... kadang mekar, kadang juga mingkem....
oia, vina, tujuan adonan didiamkan itu untuk apa ya? apa itu kunci suksesnya?

Vina mengatakan...

iya bu Lina mmg susah2 gampang keluar dari kutukan bolkus mingkem hehehe. . Kalau didiemin itu saya nurut resep aja. Tapi kenyataan kemarin saya tidak diemin adonan, cuma waktu untuk masukin adonan ke cetakan sudah 10menit sendiri hehehe.. Jadi langsung aja saya masukin dandang. Kalau bolu kukus mekar pakai api super besar, dandang beruap-uap super panas, adonan bolu kukus biasanya kental bu plus masukin ke cetakan harus penuh banget. Sebelum waktunya jangan dibuka dulu tutup dandangnya, jangan lupa tutup dandang di lapis serbet. :)
Selamat mencoba bu, semoga berhasil ;)