Selasa, 05 Maret 2013

Cup Cake Kopi



menurut sumbernya yaitu bu Rita di milis NCC, cup cake ini resepnya doroty tang. KArena saya tidak tahu sumber aslinya maka saya tidak link kan ke sana ya...

Cup cake yang satu ini gampang banget, karena tidak perlu pake mixer. Tapi rasanya juara bagi coffeholic seperti saya ^_^.

Adonan nya encer banget, tapi jangan kawatir tidak bantat kok... Saran saya isi cup nya 3/4 saja atau bahkan di kurangin, karena cup cake ini tidak nge-dome, tapi flat ke atas. Dan kemarin saya isinya kepenuhan, sampai luber-luber.

Kunci rasanya ada di kualitas kopi yang baik yang digunakan dan coklat bubuk yang enak ^_^. Kemarin buat  resep hasilnya lumayan banyak. Karena cetakan yang saya pakai tidak satu ukuran, hasilnya 5cup muffin kecil + 6cup cake standart.

Bahan :
1 3/4 cup Terigu 
1 3/4 cup Gula pasir 
3/4 cup coklat bubuk 
2 tsp Baking Soda 
1 tsp Baking Powder 
1 tsp Garam 
1 cup Buttermilk 
1/2 cup minyak sayur 
2 Telor besar 
1 12 tsp Vanila extract 
1/2 cup air nescafe panas yg strong (saya pakai 3 sdt kopinya) 
1/2 cup Air panas 

Cara Membuat :

  1. Ayak bahan kering dalam wadah.
  2. Dalam baskom campur buttermilk, minyak, telor, vanila campur 
  3. Masukkan bahan basah ke bahan kering aduk lalu masukkan kopi dan air panas aduk perlahan. 
  4. Masukan adonan dalam cetakan/ cup.
  5. Masuk dalam oven yang sudah di panaskan 180 derajat celcius sampai matang. 
Note : 
  • Adonan cair, tapi jangan takut bantat.
  • Lakukan test tusuk untuk mengetahui kematangan.
  • Jangan mengisi adonan terlampau penuh
  • Cake yang dihasilkan flat, jadi mending di isi maksimal 3/4 atau bahkan lebih baik kalau kurang dari itu.
Selamat mencoba.. Salam coffeholic.. ^_^

Tidak ada komentar: