Kamis, 25 Juli 2013

Eggless Cookies



Lebaran hampir tiba.. Walaupun saya sendiri tidak merayakan lebaran secara khusus, tapi suasana lebaran itu pekat sekali di group tercinta. Banyak yang share resep2 kue kering yang menggiurkan. Akhirnya latah juag nih buat kue kering ^_^. Setelah 1tahun bergumul dengan orang saya, akhirnya saya mengerti bagaimana cara memperlakukannya hahahha...
Sebenarnya saya sudah malas buat kuker lho, karena tahun kemarin rekor tidur subuh buat pesanan kuker dengan otang kecil saya, tapi entah kenapa karena suami sempat minta kastengles dan sempat buatin juga plus lihat2 gambar2 kuker yang menggiurkan jadi latah juga.. 

Resep eggless cookies ini saya dapat dari salah satu group di FB, sori lupa group mana dan siapa yang share karena saya langsung catat resepnya tanpa sumbernya. Resepnya saya ikutin plek, hanya saya ubah warna adonan putih jadi green tea dan saya hanya buat 1/2 resep tapi tetep jadi 2 warna. 

Kuenya renyah dan enak. Saya cukup puas dengan hasilnya :). Kebetulan hubi juga doyan alias suka hahahahaha... Sepertinya emang hubi ku ini lebih suka kuker daripada kue2 basah atau bolu hehe..

Jajaran kukis yang menunggu dingin dan di toples 

Eggless Cookies

Adonan green tea :

250 grm Terigu 
2 sdm susu bubuk full cream - saya skip
green tea powder 
225 grm butter - saya pakai blueband saja
150 grm gula halus 

Adonan coklat:


230 grm Terigu 
2 sdm susu bubuk full cream - saya skip
20 grm coklat bubuk - saya pakai bensdrop
225 grm butter - saya pakai blueband saja
150 grm gula halus 

Cara Membuat :

* Kocok lembut butter dan gula halus, jangan terlalu lama, pakai speed paling rendah saja. 
* Masuk tepung + susu bubuk + green tea powder, aduk sampai rata menggunakan sendok kayu atau spatula
* Setelah diaduk adonan disimpan dalam kulkas +/- 2jam supaya tidak pecah (kemarin saya cuma kurleb 1/2jam masukin kulkasnya)
* Cetak menggunakan spluit bintang diatas loyang yang sudah dioles mentega agak tebal
* Panggang dengan suhu maksimal 160'C kurleb 1jam (tergantung oven masing2 ya)

Note :
Adonan ini boleh di diamkan semalaman dalam keadaan sudah tercetak, taruh di oven dingin dalam kondisi tertutup (amankan dari tikus ya). Besoknya boleh di oven, jamin hasilnya tidak berubah. Tapi semalaman aja ya.

3 komentar:

Claire mengatakan...

gampang juga nih coba aahh~ makasih resepnya ci~

Claire mengatakan...

kayanya bisa dicoba inih, makasih resepnya ya ci

Vina mengatakan...

sip2 me.. :)