Senin, 07 Oktober 2013

Selai Coklat Almond


Waktu baca2 email NCC, mbak Jenie setor Homemade Almond Chocolate Spread. Terinspirasi dari setoran mbak Jenie saya juga membuat selai coklat yang sama ^_^. Cuma bedanya coklat yang saya pakai seadanya saja di rumah. Kalau mbak Jenie pakai calbury milk maka saya ganti menjadi WCC dan DCC dengan perbandingan 1:2. Kebetulan juga saya dan keluarga lebih suka coklat yang agak pahit2.

Buatnya mudah sekali, dan cukup cepat. Hasilnya enak deh, tidak berhenti colek2 selainya. Sebentar lagi semoga bisa mewujudkan keinginan membuat bolu kukus jadi nanti makannya bisa sambil colek2 selai coklat hahahahaha... *ndak nyambung ya bolu kukus ama selai coklat, tapi kebayang sih enak. bolu kukus yang ringan dan lembut dipadukan dengan selai coklat yang tidak terlalu manis.*

Katanya resep ini sebenarnya menggunakan hazelnut. Tapi sudah diubah oleh penyetor menjadi almond. Saya sendiri juga pakai almond karena kebetulan ada stock almond. Malah almond saya yang masih utuh dan berkulit. Berhubung saya tidak tahu bagaimana caranya mengupas kulit coklatnya maka saya pakai aja semuanya. Hasilnya tidak mengecewakan, kulitnya tidak berasa dan masih tetap lembut.

Resep diadaptasi dari bakingbites.com

Bahan:
100 gr almond slice , sangrai 
3 sdm gula tepung
1 sdm coklat bubuk
1/2 sdt garam
1-2 sdm canolla oil/minyak sayur jg boleh
300 gr coklat milk cincang -
saya pakai 200grm DCC dan 100grm WCC

Cara membuat:
1. Haluskan almond bersama gula, garam, coklat bubuk, dan minyak sampai halus menggunakan food processor (saya pakai blender untuk bahan kering)
2. Setelah halus banget dan menjadi pasta, sisihkan
3. Cincang halus coklat, tim sampai meleleh. Diamkan sampai agak dingin, proses kembali bersama pasta almond tadi. Kalau masih agak kasar tambahkan 1/2 sampai 1 sdt minyak. 
4. Tuang ke dalam jar kedap udara.

Tidak ada komentar: