Selasa, 21 Januari 2014

Cara Membuat Telur Asin

telur asin homemade


Sudah kali ke-3 nih saya buat telur asin, yang 1x buat masih keasinan karena rendamnya kelamaan. Yang ke-2 masih kruang masir tapi asinnya pas. Ini kali ke -3 saya coba lagi menaklukan telur asin. Cara membuat telur asin simple aja kok, hanya butuh sabar menunggu panen :). Kali ini saya coba cara baru sesuai dengan masukan2 teman2 di Fb. Kali yang ke-3 membuat telur asin ini saya mendapatkan telur asin yang pas asin dan masirnya ^_^.


Cara Membuat telur Asin

Bahan :
10 btr telur bebek atau ayam
500 grm garam kasar (bisa lebih bisa kurang)
1.5 ltr air hangat atau 1/2 tinggi toples yang digunakan
Toples plastik yang tinggi lebih baik dan bertutup rapat

Cara Membuat :
1. Masukan garam sedikit2 ke dalam air hangat, terus aduk2 sampai garam sudah tidak dapat larut lagi (sedikit mengendap di dasar).
2. Tunggu sampai air menjadi dingin, masukan telur bebek yang sudah dicuci bersih (telur akan mengapung, kalau telur tenggelam segera keluarkan artinya telur sudah tidak baru). Sering2 cek telurnya, kalau ada yang tenggelam segera keluarkan.
3. Tutup rapat toplesnya, simpan di tempat yang tidak kena matahari dan kalau bisa toples diamankan, agar tidak sering kena benturan yang akan membuat telur retak. 
4. Rendam selama 14 hari (Setelah 7 hari balik telur yang dibawah menjadi atas dan sebaliknya). Setelah 14 hari, angkat telur dari air garam.
5. Siapkan kukusan, masukan telur dalam keadaan dandang dingin, nyalakan api dan kukus kurang lebih 1jam (kalau telur lebih banyak butuh waktu lebih lama). Pakai api kecil saja agar telur tidak retak. 


Selamat menikmati telur asin homemade ;)

Tidak ada komentar: