Jumat, 21 Februari 2014

Churros

churros

Churros mirip seperti soes adonannya, tapi ini digoreng.. Dan sepertinya adonannya lebih cair ketimbang soes. Churros paling enak dicocol coklat genache. Soalnya rasa dari churros itu sendiri hanya asin dari menteganya. Atau mungkin dicocol saus keju enak juga mungkin ya, kapan2 coba ah.. Tadi buat churros sore2 untuk camilan tapi pakai coklat saja yang simple. Coklatnay saya juga gak buat genachenya, cuma lelehin coklat batangan aja (Sudah capek seharian, jadi malas ribet2 lagi). Tapi jangan diconto malasnya ya, soalnya setelah coklatnya dingin akan mengeras lagi hahahaha... Oke simak langsung aja resepnya...

churros coklat

soes goreng


Churros 

by Theresia Puspita
Modif by Vina

Bahan:
500 ml air minum
250 gram salted butter 
300 gram tepung terigu segitiga
3 butir telur kocok lepas
1/4 sdt vanili
minyak untuk menggoreng


Cara Membuat :
1. Siapkan panci ukuran sedang, masukan air, butter, aduk hingga menteganya cair, matikan api.
2. Masukan terigu sekaligus, aduk hingga rata dan kalis (tidak menempel dipanci), biarkan 10 - 15 menit atau hangat suam kuku.
3. Pindahkan adonan ke wadah bersih, masukan telur kocok dan vanili, kocok hingga rata dengan mikser kecepatan sedang, matikan lalu aduk dengan spatula hingga rata. (saya hanya kocok pakai sendok kayu sampai lembut dan rata)
4. Siapkan wajah yang agak lebar kalau mau hasilnya panjang, masukan minyak, panaskan hingga mendidih, lalu kecilkan api ke api sedang.
5. Siapkan piping bag segitiga, masukan spuit 1M Wilton atau spluit bintang, dan adonan secukupnya. 
6. Semprot adonan kedalam wajan pelan-pelan lurus sambil diangkat keatas supaya hasilnya lurus, sesuai dengan panjang yang diinginkan, lalu gunting ujungnya. Lanjutkan hingga 3-4 adonan dalam wajan. 
7. Goreng satu sisi dulu hingga kekuningan, lalu balikan adonan, goreng sisi baliknya hingga kuning, angkat dan tiriskan dulu minyaknya, taruh di atas piring yang kering, alasi tissue dapur biar minyaknya terserap.
8. Sajikan churros dengan saus ganache cokelat atau taburan gula donat.

menggoreng churros


Saus ganache cokelat :
50 gram susu cair UHT
200 gram dark cooking chocolate, cincang kasar

Dalam mangkok bersih, masukan susu cair dan coklat cincang, lalu di tim, aduk2 sebentar agar semua coklat mencair rata, taruh dalam wadah saji.


Sajikan churros dalam keadaan hangat.. Menjaga agar churros tetap panjang2, maka waktu menaruh di saringan diberdirikan saja biar tidak melengkung :).


Vina - 2014

Tidak ada komentar: