Kamis, 20 Februari 2014

Tengiri Balado

tengiri balado

Tengiri balado cukup favorit di rumahku, cukup sering saya membuat balado tapi hampir tidak pernah difoto. Kali ini coba memfoto hasil masakan dengan resep ngarang ini... Semoga berkeknan dan cocok buat teman2. Tengiri balado yang saya buat tidak terlalu pedas, tapi kalau mau lebih pedas bisa tambahkan cabe rawitnya atau kurangi tomatnya. Selain tengiri bisa pakai telur, kentang, pete, sapi, ayam, etc. Kadang kalau pas gak ada tengiri saya suka pakai ayam atau sapi, terus terang jarang pakai telur karena saya memang cukup membatasi konsumsi telur dirumah (alergi kalau kebanyakan). Kadang kalau musim pete saya campur pete, enak lho.. :).

Tengiri Balado

Bahan :
300 grm ikan tengiri
2 lembar daun salam
laos secukupnya, digeprek

Bumbu Halus :
3 siung bawang merah
2 siung bawang putih
5 lembar daun jeruk, buang bagian tengahnya
10 biji cabe merah keriting
5 biji cabe rawit
1/2 buah tomat uk sedang atau 1 buah tomat uk kecil
5 butir lada utuh
1 biji ketumbar
kemiri sedikit
gula secukupnya
garam secukupnya

Bumbu Ungkep :
1 siung bawang putih
1 siung bawang merah
2 cm jahe
garam

jeruk lemon

Cara Membuat :
1. Ungkep Tengiri yang sudah dilumuri jeruk lemon dengan bumbu ungkep kira2 15 menit di kulkas.
2. Goreng tengiri sampai kecoklatan, jangan sampai terlalu kering, nanti dalamnya kering.
3. Haluskan bumbu halus, boleh pakai cobek atau blender khusus bumbu.
4. Panaskan minyak secukupnya, masukan salam dan laos sampai agak layu. Masukan bumbu halus, tumis bumbu halus sampai wangi. Masukan ikan tengiri yang telah di goreng, aduk pelan2 sampai rata.
5. Angkat dan sajikan dengan nasi panas.

Semoga cocok dan menambah nafsu makan anda.. Kalau saya bisa 2piring nasi dengan lauk ini hehehe..... Plus krupuk kuning wahh sempurna deh lauk makan siangnya... Sambil gobyos2 kepanasan dan kepedesen xixixi...

Vina


Tidak ada komentar: