Sabtu, 01 Februari 2014

Pempek Nasi Adaan


pempek adaan


Pempek nasi lagi yuks... Kali ini saya buat versi pempek adaan, pempeknya tidak direbus, tapi langsung di goreng sreng2 (kurang tahu juga nih benar apa gak kalau adonan di masak dahulu :) ).. Plus ditambah ebi biar lebih nyuss... Favorit banget saya sama pempek, terutama ama pempek yang tanpa ikan, karena agak susah sekarang cari tengiri. Kali ini saya buat pakai tepung kanji, banyak ibu2 yang tanya kalau sagu diganti kanji bagaimana dan saya baru bisa jawab sekarang saat saya sudah coba :). Rasanya sama aja hanya saja kalau sudah dingin warnanya tidak seputih tepung sagu dan dengan tepung kanji lebih kenyal. Saya buat adonannya tidak terlalu banyak tepung, dan tidak terlalu lama di uleni. Asal sudah tidak terlalu lengket tangan langsung saya goreng deh.. Takut terlalu kenyal kalau terlalu banyak kanjinya. So far tetep enakkk and lekeerrrrr ^_^. Tambah cinta ama yang namanya pempek hehehehe... Buatnya mudah, cepat, hemat dan cocok di lidah and perut kami hahahahaha.... 


pempek tanpa ikan


Pempek Nasi Adaan


Pempek Nasi :
1 cup nasi
1 cup tepung terigu
1 cup air
garam (sesuai selera)

merica 
(sesuai selera)
gula (sesuai selera)
1/6 cup minyak goreng - saya pakai cup ukuran 1/3 tapi hanya setengahnya
1 butir telur (yang agak besar)
+- 200 grm tepung kanji (bisa lebih sedikit, bisa kurang sedikit)
1sdm ebi kering cincang halus (dapat ditambahkan sesuai selera) - bisa di skip

Cara Membuat Pempek Nasi:
1. Campur nasi, tepung terigu, air dan garam dalam panci aduk rata. Setelah rata hidupkan api, aduk adonan nasi sampai adonan menyatu dan terasa berat, matikan api.
2. Masukkan minyak goreng, aduk rata sampai adonan nasi dingin, setelah itu masukkan telur satu persatu, aduk rata.
3. Terakhir masukkan kanji sedikit demi sedikit sambil diuleni pakai tangan sampai adonan tidak lengket.
4. Bentuk bulat dan langsung goreng dalam minyak panas, pakai api kecil-sedang saja soalnya kadang suka 'meletek' pempeknya.
5. Sajikan dengan saus cuko.


Saus cuko:
- 200 gram gula merah
- 100 gram gula pasir
- 500 ml air
- 3 sendok makan cuka atau 100 ml air asam Jawa

Bumbu yang di haluskan untuk saus :
- 8 siung bawang putih
- 5 cabai rawit merah
- 3 cabai merah keriting
- 1 1/2 sendok makan ebi kering
- 1/2 sendok makan garam

Cara Membuat Saus cuko:
Siapkan panci kecil, masukkan air, gula, dan bumbu halus. Masak hingga mendidih. Matikan api dan masukkan cuka ke dalamnya. Aduk rata dan cicipi rasanya. Tambahkan cuka dan gula jika rasanya kurang pas. Saring saus dan buang ampasnya.



pempek nasi



2 komentar:

Anonim mengatakan...

wow, saya tinggal di Palembang dr jebret oek-oek, br kali ini ada pempek adaan pake nasi, hehehe

Vina mengatakan...

hahahah... saya cuma mencoba berkreasi saja pak dengan resep yang ada :).. Bukan mau melangkahi resep tradisional Palembang hehehehe....