Sabtu, 25 Oktober 2014

Steak Saus Coklat


steak homemade

Steak saus coklat namanya saya karang sendiri.. Soalnya bingung juga mau kasih nama apa. Resepnya sih saya ambil dari JTT, Tapi untuk sausnya saya modifikasi sendiri.. Jadi campur2 seadanya aja hehehe... Tapi hasilnya lazizzz.... Dagingnya empuk dan juicy, saosnya enak bangett.... Jadi pengen nambah lagi, tapi jatah daging udah abis :(

Bemula dari suami yang saya buatin salmon panggang malah mencari steak, akhirnya saya mencari resep dan tips2 biar daging sapi bisa empuk. Akhirnya pilihan saya jatuh ke blog mbak Endang JTT. Cara pengolahan dan bumbu daging sapinya saya ikutin resepnya, beserta dengan mashed potatonya. Tetapi untuk sausnya saya modifikasi sendiri, awalnya mau pakai saus jamur tapi karena di pasar tidak menemukan jamur, jadilah saya modif sausnya.

Untuk membuat daging yang empuk dan bisa juicy sebelumnya daging di diamkan dengan nanas parut. Agar daging juicy memasak tidak perlu terlalu lama. Sehingga menghasilkan daging yang matang diluar tapi dalam tidak sampai welldone (terlalu matang). Saya sempat membaca kalau menginginkan daging yang juicy cukup 3 menit per sisi. Kalau ingin matang seluruhnya 5 menit per sisi. Kalau saya sendiri sih saya kira2 saja hehehe...

Steak saus coklat


Steak Sauce Coklat

Sumber : JTT
Modifed by me

Bahan:
- 2 potong daging sapi dengan ketebalan sekitar 1 cm, masing-masing seberat 200 gram --> pakai daging sirloin atau paha yang tidak berurat
- 1/2 batang wortel potong kotak panjang
- Jagung muda
- Jagung manis
- Buncis
Bumbu perendam steak:
- 1/4 buah nanas ukuran sedang (sekitar 100 - 150 gram), blender atau parut hingga halus
- 1/2 sendok teh garam
- 1/2 sendok teh lada hitam, tumbuk kasar
- 1 siung bawang putih dihaluskan
- 1 sendok makan kecap asin
- 1 sendok makan kecap Inggris atau Worcestershire sauce - saya skip ganti soy sauce
- 1 sendok makan kecap manis
- 1 sendok makan minyak zaitun atau minyak sayur

Bahan Sauce :
- 1/2 butir bawang bombang, cincang kasar
- 3 butir bawang putih, cincang halus
- 1/4 sendok teh merica butiran yang ditumbuk kasar 
- 2 sendok teh kecap manis
- 200 ml susu cair  
- seujung kuku garam
- 1 sendok minyak untuk menumis
- 1 sachet kecil mayonese Maestro
- Sisa air rendaman daging  

Pelengkap:
mashed potato, kentang goreng, kentang rebus.
- sayuran rebus (silahkan dipilih: buncis, brokoli, kembang kol, wortel, jagung manis) 

Cara membuat:

1. Siapkan daging sapi, saya menggunakan jenis daging paha. Masukkan daging ke dalam plastik transparan. Tuangkan nanas yang telah diparut atau diblender hingga halus. Kocok plastik hingga daging terlumuri dengan nanas dengan baik. Ikat erat plastik dan masukkan ke dalam kulkas selama 30 menit. 

Note: jangan merendam daging dalam parutan nanas terlalu lama, karena enzym dalam nanas membantu daging menjadi terurai dan cepat empuk, terlalu lama akan membuat daging menjadi hancur. 

2. Keluarkan daging dari dalam plastik, cuci daging hingga bersih. Siapkan mangkuk kecil, masukkan semua bahan perendam daging. Masukkan daging, balikkan hingga semua bagian terlumuri bumbu dengan baik, menggunakan ujung pisau atau garpu tusuk-tusuk permukaan daging agar bumbu meresap. 

3. Tutup mangkuk dan biarkan daging dalam rendaman bumbu minimal 1 jam, maksimal 1 malam di chiller kulkas. Atau anda juga bisa menyimpannya di dalam freezer untuk masa simpan yang lebih panjang. 

4. Keluarkan daging dari dalam kulkas, tiriskan dari bumbu perendam. Jangan buang bumbu sisa merendam daging, kita akan menggunakannya untuk saus. 

5. Siapkan pan datar anti lengket, semakin tebal pan yang anda gunakan akan menghasilkan steak dengan matang yang baik karena panas yang stabil dan merata. 

6. Tuangkan 1 sendok makan margarine atau minyak goreng, saya menggunakan margarine, karena margarine akan memberikan aroma dan rasa yang lebih sedap. Panaskan hingga pan benar-benar panas. Letakkan potongan steak, masak dengan api kecil hingga satu sisi terpanggang dan kecoklatan. Untuk mencegah bagian minyak di permukaan pan yang tidak tertutup steak terbakar dan gosong, geser-geser steak selama dipanggang hingga mengenai seluruh permukaan pan dengan penjepit besi atau spatula. 

7. Cek bagian dasar steak sebelum anda balikkan, pastikan permukaan steak terlihat kecoklatan dan terbakar. Balikkan steak dan masak sisi sebelahnya hingga matang. Tidak membutuhkan waktu yang lama bagi steak untuk matang hingga bagian dalam, karena itu jangan memasaknya terlalu lama. Angkat steak dan letakkan di piring saji. 

Cara Membuat Sauce :
1. Siapkan wajan bekas menggoreng daging. Biarkan sisa minyak yang ada disana. Panaskan wajan dan tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum, transparan dan sedikit kecoklatan. Tambahkan minyak jika kurang. 

2. Masukkan kecap manis, garam, gula, merica, mayonese yang sudah dicampur air rendaman daging tumis beberapa detik. 

3. Tuangkan susu cair, aduk rata dan masak hingga susu mendidih dan saus mengental. Cicipi rasanya.

4. Siram diatas daging steak. Sajikan.



Creamy Mashed Potato
Sumber : JTT 


Bahan:
- 300 gram kentang (sekitar 3 buah kentang ukuran sedang), kupas dan potong dadu
- 2 sendok makan mentega (mentega akan menghasilkan aroma dan rasa lebih lezat dibandingkan dengan margarine)
- 75 ml susu cair - pakai dancow FC
- 1 sendok  teh garam
- 1/2 sendok teh bubuk merica
- 3 sendok makan keju cheddar parut (optional, gunakan jika anda menggunakan margarine dan bukan mentega)


Cara membuat:

1. Siapkan kentang, kupas dan potong-potong dadu. Kukus kentang hingga benar-benar matang dan empuk. Tusuk kentang dengan ujung garpu untuk mengetes kematangannya, kalau garpu bisa keluar dengan mudah dan kentang mudah hancur, angkat kentang dari kukusan.

2. Letakkan kentang di dalam mangkuk, dengan menggunakan garpu hancurkan kentang hingga lumat. Jika anda memiliki alat penghancur kentang (potato masher atau ricer) anda bisa menggunakannya untuk melumatkan kentang. 

4. Selagi kentang masih panas, tambahkan mentega, aduk hingga mentega meleleh dan tercampur dengan kentang. Masukkan susu cair, garam dan merica, aduk rata. 

5. Siapkan panci kecil, letakkan sebuah saringan kawat di atas panci. Kemudian saring kentang menggunakan saringan kawat dengan lubang yang jarang-jarang, dorong kentang keluar dari saringan dengan punggung sendok sehingga anda menghasilkan kentang yang halus dan lembut. 

6. Masukkan keju cheddar parut dan masak kentang lumat dengan api kecil hingga keju lumer dan larut dengan kentang. Aduk cepat dengan spatula dan angkat. 

Sajikan steak dengan mashed potato dan sayur2nya.. Nyummy...

Tidak ada komentar: