Sabtu, 29 November 2014

Bolu Coklat Tanpa Telur dan Mixer

bolu coklat tanpa telur


Pagi ini bingung banget mau bikin sarapan apa, soalnya persediaan di kulkas tipis hampir kosong hahaha.... Ceritanya lagi malas ke pasar :p. Kalau mau masak mie instant, lusa kemarin abis makan mie instant :(.

Untungnya dapat ide bikin bolu pandan no telur no mixer, Tapi pandannya kuganti coklat aja. Maklum ndak stok pasta juga sekarang. Kalau resepnya di kukus, aku di oven saja deh, biar lebih kering hehehe..

Menurut testimonial yang sudah bikin resep ini, katanya tidak mengembang kuenya tapi lembut. Tapi kalau dioven agak naik sih dan seratnya memang tidak seperti sponge cake yang ringan, ini agak padat tapi tidak sepadat butter cake. Untuk ukuran cake tanpa telur dan mixer resep ini cukup enak, dan sepertinya cukup kokoh untuk di buat cupcake. Cuma karena cairanya lumayan banyak, jadi kue ini cenderung lengket ^_^. Cake ini juga masih lembut di suhu ruangan setengah hari, soalnya tadi pagi bikin masih ada sisa, aku taruh aja di piring.. Eh siangnya masih lembut juga, gak brubah sama sekali.

Okelah ndak udah panjang2 langsung aja resepnya ya.. Segera di praktek ya.. Cepet kok bikinnya paling 30 menit sudah siap saji, pas banget buat sarapan deh.. Cukup mengenyangkan pula.

Bolu coklat tanpa mixer

bolu coklat mudah

Bolu Coklat Tanpa Telur dan Mixer

150 grm tepung terigu
150 grm gula pasir
1/2 sdt baking soda
1/2 sdt baking powder
275 ml susu cari - saya ganti susu kental manis coklat + air
50 ml margarin cair/ minyak sayur

Cara Membuat :

1. Kocok gula dan susu cair sampai gula larut, menggunakan hand whisk
2. Masukan tepung, baking powder & baking soda, aduk sampai rata.
3. Masukan minyak sayur/ mentega cair, aduk searah sampai adonan licin.
4. Tuang dalam cetakan, lalu kukus atau oven sampai matang (oven kurleb 25 mnt, lakukan tes tusuk untuk mengetahui kematangannya).


Sumber : Bunda Fajar- Group FB Aneka Resep Kue dan Masakan.

Saya buat pakai cetakan muffin yang agak besar, saya isi 1/2 cetakan saja, nanti akan naik membentuk gunung. Oven panas kira2 180derajat celcius.

Selamat mencoba :)

Tidak ada komentar: