Kamis, 19 Maret 2015

Banana Cake Coklat

cake pisang coklat

Kemarin minggu hubby pergi ke Semarang pulang2 bawa oleh2 pisang 1 tanduk.. Mana pisangnya besar2 dan matang.. Hahahahah.. Saya yang sama sekali kurang gemar pisang ini langsung speechless liat pisang jumbo2 dan banyak di rumah.. Singkat cerita ada yang saya olah jadi pisang bakar, tapi kurang enak karena sudah pada tingkat kematangan tinggi. Ada yang saya buat pizzaNG alias pizza topping pisang, meises dan keju, nah yang pizzaNg ini saya tidak foto lagi malas jepret2, lagian bentuknya juga gak cantik hahaha.. Soalnya buatnya juga cepet2. Penting hubby suka aja dan mengurangi stok pisang di meja.

Sudah 4hari pisang itu ngendon di rumhaku dan masih tersisa 4biji. Kepikiran buat bikin cake aja karena pisangnya sudah mulai sangat matang. Kulitnya aja mulai berbintik-bintik hitam. Hubby juga kok kebetulan bilang pisangnya diolah aja gt. Trus keinget deh resep yang di share cik Kumiayu di fb. Resep banana Wholemeal Cake yang gambarnya menggoda banget. tapi karena ndak ada tepung gandumnya saya ganti semua tepung putih. Dan keponya saya lagi, saya kasih coklat bubuk dalam adonan. Takut banget kalau cakenya berasa pisang dan ndak doyan makan. Hahahaha...

Jadi resepnya sudah saya modif sana-sini mengikuti bahan yang ada di rumah. Nanti saya kasih resep aslinya juga deh, biar bisa mencoba original recipe nya. Woke2.. So cekidot..

banana coklat cake

RESEP ASLI

Wholemeal Banana Cake

Ingredients

70g unsalted butter
50g palm suiker
1 telur besar, kocok lepas
200g pisang, lumatkan (2 pisang besar)
1 tsp vanilla
90g tepung wholemeal
90g tepung
2 tsp baking powder
1 tsp baking soda

Topping:
potongan pisang
gula

Method:

1. Alasi loyang dan olesi sisinya, alasi kertas. Ayak tepung, BP , BS

2. Panaskan oven180 C.

3.Kocok gula dan butter smp gula larut

4. Masukkan telur dan vanila, kocok smp rata

5. Masukkan pisang, aduk rata

6. Masukkan tepung, aduk rata

7. Tuang dalam loyang, hias, oven 30-40 menit hingga matang


RESEP MODIFIKASI

Banana Cake Coklat

Bahan :

70g mentega - pakai blueband
50g gula pasir
2 telur kecil, kocok lepas - kalau besar pakai 1 aja
200g pisang, lumatkan
1 tsp vanilla cair
144g tepung protein sedang
36g coklat bubuk
2 tsp baking powder - pakai yang baru atau masih berfungsi baik
1 tsp baking soda - pakai yang baru atau masih berfungsi baik

Topping :
potongan pisang

Cara Membuat :

1. Loyang loaf 20x10x7cm di kuas margarin lalu di taburi sedikit tepung. Atau gunakan kertas roti yang dioles margarin juga bisa. Ayak tepung, Baking Powder , Baking Soda

2. Panaskan oven 180 C.

3. Kocok gula dan mentega sampai gula larut

4. Masukkan telur dan vanila, kocok sampai rata (saat ini adonan akan terlihat agak cair)

5. Masukkan pisang, aduk rata

6. Masukkan tepung, aduk rata (setelah step ini baru adonan akan mengental)

7. Tuang dalam loyang, hias, oven 30-40 menit atau hingga matang. Lakukan tes tusuk.

8. Diamkan di cooling rack sampai benar2 dingin. Potong2 sajikan.


Note : Kue ini tidak terlalu manis. Apalagi versi coklatnya malah saya bilang tidak manis sama sekali. Jadi kalau anda tidak suka kue yang tidak manis, maka tambahkan gulanya. Tapi kalau saya memang sedang menghindari gula, jadi kue ini pas untuk saya. Ditambah white kopi yang manis sudah cocok di mulut dan perut hehehe...

Ow ya, anda juga bisa menggunakan blender untuk membuat kue ini. Tapi pastikan blender anda mampu untuk memblender adonan kental. ^_^

Selamat berkreasi.. GBU all



Tidak ada komentar: