Senin, 27 April 2015

Muffin Coklat Keju

muffin coklat keju enak
Muffin Coklat Keju 
Muffin coklat keju kali ini saya pakai resep nya mbak Nur El, yang pernah saya posting sebelumnya. Awalnya hanya karena bingung mau bikin sarapan apa. Sekarang sudah mengurangi makan indomie (jatah 1minggu sekali aja) hahaha.. Jadi kadang suka bingung mau bikinin suami sarapan apa.beli terus juga bosan and bingung plus pastinya boross.. hahahaha... Akhirnya buka2 buku resep (buku tulisan tanganku ndiri xixixi..) ketemu resep muffin mba Nur El ini. Di cek bahannya semua ada, kecuali gula palm. Karena saya dan keluarga juga mengurangi gula, maka saya skip aja gula palm nya. Mungkin kalau pakai gula palm aja malah lebih wangi, tetapi saya tidak pernah stok gula palm. jadi ya begitulah, pakai seadanya saja gula putih.

Resep mba Nur El ini mudah banget semua tinggal di cemplung2 and tanpa mixer. Kuncinya cuma oven cukup panas dan adonan di aduk rata, jangan di aduk seperti mengaduk teh ya hahahha... Sewaktu saya siapin bahan2, saya sudah mulai memanaskan oven tangkring saya juga. Fungsinya agar oven cukup panas dan waktu adonan masuk bisa mumbul bagus dan garing bagian atasnya. Memang untuk mengerti oven masing2 kita harus sering2 'pacaran' ama oven kita, Semakin sering kita 'pacaran'  semakin mengertilah kita ama oven kita dan resep2 yang kita pakai. Karena resep muffin aja seabrek2 kalau anda cari di google, Tapi tidak semua resep cocok di lidah keluarga kita,'

Wanginya muffin enak banget temans.. Sampe2 nyomot lagi nyomot lagi dan lagi... Cekidot resepnya ya..

muffin empuk
Muffin
tekstur muffin
Tekstur Muffin lembut, terlebih bila sudah diinapkan semalam

Muffin Coklat Keju
by Mbak Nur El
Midifikasi : Vina

Bahan :
100 grm tepung serbaguna - saya pakai cakra
50 grm mentega dicairkan, hingga dingin
1 butir telur
75 ml susu cair
25 grm coklat bubuk (saya pakai tulip)
45 grm gula pasir/ gula palm biar wangi (kalau suka manis harus ditambahkan, maksimal 2xlipatnya)
3/4 sdt baking powder - pakai yang masih aktif
1/4 kurang sdt soda kue
1/4 sdt vanili cair

Taburan : Mesies - keju (optional)

Cara Membuat :
1. Panaskan oven 190derajat celcius kurleb 15menit (oven tangkring api sedang).
2. Siapkan loyang muffin 6lubang atau cup muffin. Kalau pakai loyang muffin, harus dioles mentega terlebih dahulu.
3. Dalam baskom campur bahan kering : tepung, gula, coklat bubuk, soda kue, baking soda.
4. Campur margarin, susu, telur dalam wadah. Kocok dengan pengocok kawat. Setelah rata masukan ke dalam adonan kering. Aduk rata pakai whisk atau spatula sampai rata. Adonan kental.
5. Tuang adonan ke dalam cetakan muffin hingga penuh. Kalau bisa arahkan bagian tengah lebih munjung.
6. Oven urleb 20menit pada suhu 190derajat celcius. Atau hingga matang (lakukan tes tusuk). Biasa saya kalau sudah matang, saya taruh rak atas untuk menggaringkan bagian atasnya, cukup 3-5menit saja.
7. Kalau sudah matang keluarkan dari oven lalu taruh di rak kawat untuk mendinginkan.

Selamat mencoba.

Tidak ada komentar: