Kamis, 23 April 2015

Pizza Crispy

pizza crispy
Pizza Campur2 - Campur jamur, telur, bombay, jagung, ayam, timun, keju.. :p



Pizza crispy ini enak banget.. saya buat super tipis, garing kres2 dan toppingnya sesuka saya hehehe.. Nyam2 banget dehh..
Ini late post sebenarnya sih, maklum lah ya jarang2 bisa pake komputer lama. Awalnya saya memang pengen banget makan pizza, tapi ndak kesampaian terus.. Maklum pengennya pizza yang tipis garing dan toppingnya banyak hehee.. Akhirnya pas buka2 fb nemu deh ada yang share resep pizza dan masukan2nya. Nanti saya copaskan di sini. 

Akhirnya dengan semangat45 saya bulatkan tekad untuk ke pasar beli bahan2 buat topping, tapiii tetep aja saya lupa beli keju mozarela atau keju cepat lelehnya. Berhubung dirumah masih ada keju parut, maka saya pakai seadanya aja.. Hm.. saran saya sih jangan ikutin saya, karena toppingnya jadi kocar-kacir karena ndak ada "lem" nya.. Tapi karena buat makan ndiri ya oke2 aja hehehhe.. Next time mau beli keju leleh atau mozarella dulu ah baru buat pizza lagi.. 

Saya suka pizza dengan topping sayur2an dan jamur.. Lebih sehat ya saudara2 heheh.. Untuk saos tomatnya saya juga buat sendiri pakai tomat segar. Oke, yuks kita intip resep dan saran2nya.



SUPER THIN CRISPY CRUST PIZZA
* Pizza super tipis & renyah 
ink emoticon
Sumber : Rani Fadilla POst FB (Tidak ada penggantian kata2 sama sekali)
Mohon ‪#‎mangap‬ yah kalo postingannya pizza lagi tongue emoticon secara banyak yang request resep pizza ini, mudah2an gak pada bosen grin emoticon .
Yang lagi ngantri resep CHOCOLATE FUDGE CAKE, semoga pada ‪#‎subur‬ eh‪#‎sabar‬ grin emoticon ntar setelah posting resep pizza ini, gilirannya resep cake...wokeeeh? wink emoticon
Lagi2 pizza tipis & renyah ini dibuat atas pesanan seorang sahabat untuk snack ultah anaknya. Kebetulan ada sepupunya Arif nginep di rumah & seorang‪#‎pizza_freak‬ grin emoticon jadilah bikin adonan yg buaaanyak supaya puas maemnya grin emoticon .
Resep ini tak lain adalah hasil belajar & diskusi dengan google & temen2ku yang bule2 masternya pizza. Kata mereka, pizza renyah itu tidak perlu diuleni sampai elastis seperti roti, cukup sampai tahap kalis & lembut (kabar gembira kaaan? grin emoticon ), komposisi adonannya juga jangan banyak lemak seperti minyak atau mentega, cukup pelembutnya hanya dari air atau susu, termasuk juga tidak pakai telur. Adonan yang pakai telur bukanlah adonan pizza, tetapi adonan roti, walaupun gak ada larangan untuk mencampur telur kedalam adonannya. Percaya deh, resep pizza yang menggunakan telur, saat dipanggang akan menghasilkan aroma yang "bukan aroma pizza" melainkan "aroma roti". Lagipula kalau bisa gak pakai telur lebih irit bukaaan? upset emoticon
‪#‎provokasi‬ emak pelit grin emoticon
Oke, jadi yang akan saya share adalah adonan dasar pizza dalam skala besar, kenapa besar? Supaya adonannya bisa disimpan di kulkas/freezer. Nanti saya berikan juga tips bagaimana menyimpan dough yang baik. Jadi setiap kali pengen makan pizza gak perlu repot bikin adonan dulu wink emoticon .

SUPER THIN CRISPY CRUST PIZZA
By: Rani Fadilla, diadaptasi dari berbagai sumber.

* 1 resep dibawah ini menghasilkan 1 kg dough pizza (setelah fermentasi) *
- 500 g tepung terigu cakra, ayak.
- 1 sendok teh garam.
- 1 bungkus (11 g) ragi instan.
- 5 sdm gula pasir.
- 350 ml air hangat.
- 3 sdm minyak zaitun/minyak goreng kualitas bagus.
‪#‎Cara_Membuat‬:
1. Campur tepung, gula dan ragi instan. Masukkan air hangat, aduk rata (boleh pakai mixer kalau mau gampang).
2. Masukkan minyak +garam, aduk rata. Uleni selama 10 menit, bulatkan adonan. Tutupi dengan plastic clingwrap atau lap bersih (boleh kering atau lembab).
Diamkan adonan selama 60 menit hingga mengembang 2 kali lipat.
3. Tinju adonan hingga mengempis, uleni lagi 10 menit agar dough melembut. Bulatkan, bagi beberapa bagian.
4. Letakkan dough ditengah2 loyang pizza atau loyang apa saja yang sudah dioles tipis2 dengan mentega/margarine. Lebarkan & tipiskan dough dari tengah ke arah samping sampai full 1 loyang. Tusuk2 dough dengan garpu (agar tidak menggembung saat dipanggang) lalu oleskan minyak tipis2 di permukaan dough, lalu beri olesan saus pizza.
5. Prebake selama 5-8 menit suhu oven paling maximal. Keluarkan kembali, beri topping sesuai selera (jangan memberi topping terlalu banyak, topping akan mudah buyar, kecuali pakai keju mozarella atau keju jenis quick melt lain. Karena keju jenis meleleh inilah yang menjadi "lem" agar topping tidak mudah lepas dari dough). Panggang kembali sampai keju meleleh (jika pakai jenis keju ini) atau sampai pinggiran dough mulai kuning kecoklatan.
‪#‎TIPS‬:
* Untuk 1 loyang bulat diameter 20-22 cm
membutuhkan 100-125 gr adonan pizza renyah.
* 1 loyang persegi ukuran
30x 20x2 cm membutuhkan 150 g adonan pizza renyah
*Cara menyimpan adonan pizza:
1. Adonan yang sudah di fermentasi (mengembang hingga 2 kali lipat) di kempeskan (di keluarkan
udaranya), lalu lembali dipadatkan/dibulatkan. Bagi beberapa bagian dengan berat yang sama sesuai kebutuhan.
2. Lalu masing2 dough masukkan dalam kantong plastik bersih yang foodgrade, ikat rapat, jangan ada quang tersisa. Bila perlu plastiknya 2 lapis.
3. Kemudian simpan dalam freezer hingga waktu akan di perlukan.
4. Keluarkan dari freezer, pindahkan ke chiller (kulkas bawah) 12 jam sebelum diolah. Setelah itu keluarkan, buka plastik pembungkus, tunggu hingga suhu ruang dan adonan kembali lembut dan mengembang kembali.
5. Selanjutnya adonan bisa
digunakan sebagimana biasa. Insya Allah hasilnya sama saja dengan adonan yang tidak dibekukan.
* Di chiller (kulkas) dough bisa tahan sampai 3 hari. Di freezer bisa tahan sampai 1-2 bulan.
Pizza Terong
Pizza Terong Ala akuu
Nah, sudah saya copy-paste persis seperti sumbernya. Sekarang saya kasih tau topping yang saya pakai dan saus tomat yang saya buat sendiri.
Untuk topping saya pakai :
Terong - di panggang pake teflon sebentar
Jagung
Ayam
Bombay
Jamur
Timun
Telur rebus - dipotong jadi 8bagian atau sesuai selera
Keju - freezer dulu sampai agak beku, nanti mudah parutnya dan aplikasikan diatas pizza. 
Untuk saus tomat saya pakai tomat segar di rebus sebentar agar kulitnya mudah dilepas, lalu dihaluskan tomatnya atau dipotong kecil2. Sisihkan. Rajang halus bombay, tumis bombay pada minyak panas, sampai harum lalu masukan tomat yang sudah di cincang atau dihaluskan beserta airnya. Tambahkan bumbu garam, merica dan gula sedikit, Cicipi rasanya, kalau kurang bumbu tambahkan sesuai selera. Masak saos tomat sampai airnya habis atau asat bahasa jawanya ^_^. Terakhir masukan daun oregano kering untuk menghasilkan saos tomat yang wangi (kalau tidak ada oregano kering boleh diskip).
Saya buat 2loyang pizzanya, 1loyang saya beri topping terong yang satu lagi tidak.. Kalau mau jujur saya lebih suka yang tanpa terong hehehehe.. 
Selamat mencoba guys.. Selamat menikmati pizza rumahan yang super hemat dan enakkk..

Tidak ada komentar: