Jumat, 11 Januari 2013

Roti Kasur

Udah beberapa hari yang lalu buat roti kasur ini, rencananya buat karena suamilagi pergi pulang bakalan subuh. Jadi maksunya pulang2 ada roti di meja gitu.. tapi apa daya, beginilah kalau buat roti plus jaga toko. Kacau wkkwkwkwkw... Sepertinya roti kasur ku over fermentasi. Sampai ndak suka deh orang di rumah :(.

Tapi ndak habis akal.. coba kirim ke rumah papa dan komennya juga "kurang enak" wkwkwkw.. roti kasur yang gagal.. Tapi ndak papa say atetap akan share resepnya, mungkin teman2 bisa coba dan sukses ^_^

Roti kasur ini saya ambil dari resepnya bu Fat NCC dengan sedikit modifikasi ku (yang miring dan bertanda aneh itu adalah modifikasi by me).


Bahan:
500 gr tepung terigu protein tinggi
3 btr kuning telur
100 gr gula pasir
30 gr susu bubuk (skip lupa pakai)
11 gr ragi instant (cuma pakai 7grm)
5 gr garam
250 ml air
100gr mentega/margarin
½ sdt bread improver (skip karena stok habis)
Pasta mocha (tambahan Vina)

Bahan isi:
Keju cheddar parut (skip)
Coklat beras (meisyes) ==> ku ganti sisa genache di kulkas
Selai nanas (tidak pakai, karena tidak suka)

Bahan polesan, kocok rata dengan garpu:
1btr telur utuh, ½ sdt garam, 1 sdm air. ==> Ganti putel dan air sedikit

Cara membuat by bu Fat:
  • Dalam wadah, campur tepung terigu, gula pasir, susu bubuk, ragi instant, aduk rata. Tuangi air dan kuning telur, uleni hingga setengah kalis, tambahkan mentega dan garam, uleni terus hingga kalis dan licin benar.
  • Timbang adonan masing-masing 40 gr, bulatkan. Biarkan mengembang selama lk. 15 menit. Kempiskan, lalu isi dengan 1 sdm bahan isi, bulatkan kembali dan taruh dalam loyang bulat/kotak, biarkan mengembang 30 menit atau lebih, sampai terasa ringan.
  • Olesi permukaannya dengan bahan polesan, taburi keju parut, oven hingga matang. Lk. 15 menit dengan suhu 180'C
Cara membuat by Vina :
  • Masukan bahan cair ke dalam Bread Marker. Pilih menu dought.
  • Setelah sudah mengembang 2x saya pukul adonan dan bagi jadi @40 gr mungkin salahnya ini, seharusnya adonan begitu kalis langsung di bentuk dan di kembangin)
  • Setelah di timbang, isi dengan bahan isi, di taruh di loyang bulat lalu di kembangin lagi (buatnya malam apakah ngaruh ya ama fermentasinya)
  • Olesi permukaan roti dengan bahan olesan, lalu oven suhu 200 derajat C kurleb 10 menit (salah suhu sepertinya)
Kalau buat cake/ roti tidak seperti yang di minta alias ngeyel seperti saya mungkin jadinya gak bagus seperti pengalaman kali ini, sok pinter jadinya malah gagal wuakakakka... Lain kali harus baca benar2 petunjuk resepnya, karena setiap adonan punya cara penanganan yang berbeda.




Tidak ada komentar: