Kamis, 31 Oktober 2013

Sweet Purple Potato Cake

cake ubi ungu pak sahak, cake ubi ungu

Sesuai judul nya yaa.... Bahan dasar utama dari cake ini ya ubi unggunya.. Kalau mau diganti ubi merah atau ubi kuning bisa aja, nanti jadinya warnanya mengikuti warna ubinya.. Pilih ubi yang bagus, jadi tidak membuat cita rasa cake rusak karena ubinya ^_^.

Cake resep pak Sahak Pribadi ini memang top markotop.. Leker bangett.. Kuenya lembut pori2nya bisa dibilang tidak ada dan makannya juga gak seret ditenggorokan. Langsung meluncur surrr gitu di tenggorokan.

Cake ubi unggu ini saya persembahkan special untuk my mom yang kemarin minta ubi unggu mentah yang akhirnya dikembalikan karena lebih memilih yang sudah diolah hahaha... Pinter ya my mom hehehe..

Semalam gak bisa tidur tiba2 kepikiran kukus ubi unggu, agak lama emang ngukusnya. Jadi kalau memang suka olahan ubi unggu bisa diakali dengan mengukus sebagian ubi dan di wadahi seperlunya di freezer (dibagi dalam beberapa wadah gitu, jadi sekali keluarin untuk sekali pakai).

Pagi2 abis beres kerjaan toko langsung deh eksekusi cake nya. Waktu ovennya saya agak lama karena saya pakai api kecil-sedang, biar teksturnya gak kering, dan kebetulan saya pakai OTANG jadi harus lebih waspada agar bagian atasnya tidak jadi basah setelah dingin (pertanda waktu pemanggangan kurang).

Resep dibawah ini adalah resep aslinya dan saya hanya buat 1/2 resep saja, pas untuk ukuran loyang 20*10*7 cm.

cake ubi ungu pak sahak, cake ubi ungu enak


Sweet Purple Potato Cake


Bahan : 
10 kuning telur  
7 putih telur  
20 grm emulsiefier  
250 grm gula pasir  
250 grm tepung terigu 
20 grm maizena 
30 grm susu bubuk 
300 grm ubi ungu kukus yg sudah dihaluskan 
30 grm SKM
200 grm margarin cair
1 sdm pewarna ungu - saya skip

Cara Membuat :
1. Kocok kuning telur, putih telur, emulsifier, gula pasir, tepung, maizena dan susu bubuk sampai mengental, kurang lebih 5 menit (dengan speed tinggi)
2. Masukan ubi unggu, SKM dan mentega cair, mixer dengan speed paling rendah. Cukup sampai tercampur rata saja.
3. Tuang dalam loyang 20*10*7 cm yang sudah di oles bahan olesan (saya menggunakan bahan olesan 1sdm mentega cair + 1sdm terigu, jamin cake akan meluncur mulus - oles pada seluruh bagian loyang)
4. Masukan dalam oven yang telah dipanaskan dengan suhu 180 derajat celcius. Kurang lebih 50 menit - 60 menit (tergantung oven).
5. Setelah matang, dinginkan di rak kawat sampai uapnya hilang... Lalu potong2 dan sajikan ^_^

Selamat menikmati.. nyummy..


cake ubi ungu enak

Tidak ada komentar: