Jumat, 01 November 2013

Resep Puding Telor Ceplok

puding telor ceplok santan


Gema puding telor ceplok sangatlah panjang... Walaupun sudah agak terlambat mencoba, tapi gakpapa penting dah buat hahahaha.. PTC alias puding telor ceplok ini banyak bersliweran di FB tapi sekarang sudah mulai tergantikan dengan puding kaca atau puding art (yang ini saya belum mengumpulkan nyawa untuk membuatnya hahaha...).

Setelah sekian lama cari cucing alias cetakan kue mangkok (sebenarnya saya nya aja yang malas keluar puter2 panas2 hehehe..) Akhirnya kemarin dapat, langsung penasaran eksekusi deh.. Pakai bahan2 yang ada dirumah, gak mau keluar2 lagi beli2 bahan *edisi malas*.

Untuk kuningnya saya pakai nutrijel lechy sisa puding kaca yang saya kasih pewarna kuning sedikit. Dan untuk puding putihnya saya pakai puding santan dengan takaran kira2 hahahaha.. Jadi bingung juga ya tulis resepnya.. haiz..

Yang membuat saya bingung adalah waktu mencari mika pudingnya. Ternyata mika yang dipakai adalah mika "sambal" yang biasa buat taruh sambal di nasi kotak itu saudara2.. *gubrak kan*. Awalnya sampai rumah takut mikanya kekecilan, tapi ternyata mikanya pas.. seneng bangett....

Setelah buat puding santannya ternyata kebanyakan, harusnya cukup 1/2 bks agar2 saja, tapi saya sangking semangatnya saya kasih 1bks agar2. Dan akhirnya sebagian saya beri warna pink dan biru cetak di cetakan mawar.. Jadinya cantik juga...

puding santan warna-warni, puding santan
Sisa puding santan jadi puding mawar deh.. ^_^

Puding Telur Ceplok ala Vina

Puding kuning :
1/2 bks nutrijel orange/ manggo/ lechy degan setetes pewarna kuning
gula sesuai selera
1,5 gelas belimbing air

* Aduk semua bahan jadi satu, nyalakan api. Masak agar2 sampai mendidih sambil diaduk2.
* Tuang dalam cetakan cucing secukupnya. Kalau saya pakai 2,5 sendok kuah yang kecil.
* Diamkan sampai set, pindahkan ke mika "sambal" dalam posisi dibalik.

Puding Putih :
1 bks agar2
gula sesuai selera
3 gelas belimbing air
1sachet santan kara (@65ml)
sedikit garam

* Aduk semua bahan jadi satu, nyalakan api. Masak agar2 sampai mendidih sambil terus diaduk agar santan tidak pecah.
* Tuang dengan hati2 dalam cetakan mika "sambal" yang sudah di beri nutrijel kuning. Tuang pakai sendok saja atau sendok kuah kecil, agar puding santan tidak belepotan ke puding kuningnya.
* Diamkan sampai set, masukan kulkas dan sajikan...

Pasti anak2 heboh melihat puding ini.. benar2 mirip telur ceplok ^_^

Tidak ada komentar: