Selasa, 05 November 2013

Bolu Kukus Ubi Ungu


bolu kukus ubi ungu

Lucu ya ternyata varian bolu kukus buanyak banget ya.. Ada bolu kukus gula merah, ubi ungu, bolu kukus dengan soda and bolu kukus tanpa soda. Bahkan sekarang lagi booming bolu kukus mingkem alias apam dot2. Yah walaupun saya belum coba semua.. Tapi kalau ada kesempatan saya pengen nyoba varian2 bolu kukus. Pecinta bolu kukus nih.. hahahaha.. Seneng banget rasanya kalau lihat bolu kukus mengembang sempurna dan tidak menciut :).

Kali ini saya punya stok ubi yang lumayan banyak, jadi masih dalam rangkaian ubi2an. Kali ini ubi ungu dulu ya.. saya interest sekali dengan warna ungu nya yang cantik walaupun tanpa tambahan pewarna sama sekali.

Bolu kukus ubi ungu ini saya dapat resepnya dari bu Citra Kusuma (NCC). Sudah lama sih tahunya waktu event bolu kukus week NCC. Tapi karena cari ubi ungu cukup sulit jadi saya baru buat sekarang deh.. :)
Ternyata hasilnya enak, tapi memang agak beda dengan bolu kukus yang biasa dijual. Bolu kukus ubi ini hasilnya lebih mengenyangkan dan lebih padat. Tapi tetep enakk lho.. Monggo dicoba kalau gak percaya hehehe...

Bolu kukus ubi plus kopi agak2 pahit di pagi hari, mantapppp.... Soalnya tadi pagi saya juga menikmati seperti itu.

bolu kukus ubi ungu bu citra ncc


Bolu Kukus Ubi Ungu 

Bahan A :
100 gram ubi ungu kukus, haluskan
200 ml air
Bahan B:
2 butir telur
1/2 sdm emulsifier - saya cuma kasih 1/2 sdt emulsifier
250 gram gula pasir - saya 200grm gula. Tidak terlalu manis, tapi cukup untuk saya.
230 gram tepung terigu
25 gram susu bubuk
½ sdt vanilla pasta ( resep asli ga pake) - saya pakai vanili bubuk
Cara membuat:
1. Blender ubi ungu dan air sampai lembut, sisihkan.
2. Kocok telur , gula dan emulsifier sampai kental tambahkan vanilla pasta.
3. Tambahkan tepung terigu dan susu bubuk, aduk rata. Tuang campuran ubi ungu sedikit -
sedikit sambil diaduk rata.
4. Tuang adonan ke dalam cetakan bolu kukus yang dialas kertas kue
5. Kukus dengan api besar selama 10 menit.


Untuk membuat bolu kukus bisa merekah sempurna ada beberapa point yang harus diperhatikan :

1. Isi cetakan dengan full adonan
2. Dandang harus sudah panas benar, sampai beruap-uap. Panaskan dengan api besar kira2 5-8menit.
3. Dandang atau kukusan jangan diisi banyak2. Kalau saya biasanya isi 6-8 untuk kukusan diameter 30cm. Harus ada jarak antara adonan.
4. Waktu pengukusan sesuaikan dengan resep, jangan terlalu lama. Dan tutup dandang tidak boleh dibuka sebelum waktu pengukusan selesai.
5. Api super besar untuk mengukus bolu kukus agar merekah.
6. Tutup dandang harus dibungkus kain agar air tidak menetes di adonan (ini berlaku untuk semua cake kukus)
7. Setelah bolu kukus matang, langsung angkat dan taruh di cooling rack sampai benar2 dingin, lalu masukan plastik satu2, agar bolu tidak kering.


Semoga sharing saya bisa membantu membuat bolu kukus pecah merekah ;). Dan jauh2 dari kutukan bolu kukus.. hahahahahha....

Selamat menikmati bolu kukus pecah merekah.. horeeeeee ^_^


2 komentar:

Unknown mengatakan...

aq dah buat nie bolu kukus ubi ungunya. Mekar sie hanya saja jadinya padet banget. Apa karna g pake soda ya,,,,,,nfo dong biar bisa jadi seperti bolu kukus biasa yg mekar ngembang cantik taanpa bantat>

Vina mengatakan...

Hai mbak eka Wahyu.. Makasih mbak sudah mencoba resep di blog saya ^_^.

Iya mbak tekstur bolu kukus ubi unggu ini memang tidak seperti bolu kukus biasa yang ringan. Tapi ini tidak bantat kok mbak.. Karena tekstur ubi unggu yang cukup padat. Kalau mbak mau buat kue ubi unggu yang tidak padat boleh coba Cake ubi Ungu itu lebih mengembang dan tidak padat :)
Mungkin bisa cek resepnya di sini
http://dapoervina.blogspot.com/2013/10/sweet-purple-potato-cake.html