Selasa, 25 Februari 2014

Cara Membuat telur Asin 2

Cara membuat telur asin ternyata mudah lho.. Sudah ke -4 kali buat telur asin.. Kali ini saya akan share step2nya dengan gambar.. Biar lebih jelas dan bisa segera dipraktekan di rumah masing2 :). Musti sabar menunggu panen, tapi begitu panen dan disukai oleh keluarga pasti semuanya terbayar lunas ^_^ . Posting sebelumnya cara membuat telur asin dengan metode kukus. Kali ini saya menggunakan metode rebus telurnya. Ada tips and trick nya untuk merebus telur asin ini ternyata. Soalnya selama ini saya merebus telur asin hasilnya suka retak2, tapi kali ini saya bisa merebus dengan sempurna.. Senang banget rasanya hehehehe...
telur asin homemade

telur asin

telur asin masir
Telur asin bebek setelah 14 hari

merebus telur asin
Api untuk merebus telur asin, kecil saja


Merendam telur asin


Bahan untuk membuat telur asin

Cara Membuat telur Asin

Bahan :
10 btr telur bebek atau ayam
500 grm garam kasar (bisa lebih bisa kurang)
1.5 ltr air hangat atau 1/2 tinggi toples yang digunakan
Toples plastik yang tinggi lebih baik dan bertutup rapat

Cara Membuat :
1. Masukan garam sedikit2 ke dalam air hangat, terus aduk2 sampai garam sudah tidak dapat larut lagi (sedikit mengendap di dasar).
2. Tunggu sampai air menjadi dingin, masukan telur bebek yang sudah dicuci bersih (telur akan mengapung, kalau telur tenggelam segera keluarkan artinya telur sudah tidak baru). Sering2 cek telurnya, kalau ada yang tenggelam segera keluarkan.
3. Tutup rapat toplesnya, simpan di tempat yang tidak kena matahari dan kalau bisa toples diamankan, agar tidak sering kena benturan yang akan membuat telur retak. 
4. Rendam selama 14 hari (Setelah 7 hari balik telur yang dibawah menjadi atas dan sebaliknya). Setelah 14 hari, angkat telur dari air garam.
5. Siapkan air suhu ruangan di panci, masukan telur asin sampai telur tenggelam sepenuhnya. Rebus dengan api kecil selama 1jam, jangan biarkan air mendidih terlalu besar agar telur tidak retak. 
6. Setelah matang, diamkan telur di dalam air rebusan tadi sampai air menjadi dingin dengan sendirinya. Angkat dan sajikan telur asin. 

Note : Untuk telur asin dengan telur ayam lebih bagus di kukus kurleb 1jam dengan api kecil-sedang. Telur akan lebih masir dan lebih bagus hasilnya untuk telur ayam.


Selamat Berkarya di rumah.. 

Vina 2014




5 komentar:

opiq screwpine mengatakan...

Hebat. Berarti bisa rendah kolesterol ya kalau pakai telur ayam. eh tapi garam juga ya... Anyway Menarik banget nih. Coba ah...

Vina mengatakan...

hahaha.. Kalau soal kolesterolnya kurang ngeh juga nih.. Tapi yang pasti lebih hemat pakai telur ayam dan lebih mudah didapat hehehe.... Saya cukup sering buat, biasanya karena nunggunya lama, setelah panen 1x air yang sama akan saya buat lagi untuk merendam ke 2x nya.

wanita jaman sekarang mengatakan...

gawe telor asin.. jadi inget pas dulu kita SMP diajarin buat sama bu ninuk ya kalo ga salah.. yang guru tata boga..

wanita jaman sekarang mengatakan...

gawe telor asin.. jadi inget pas dulu kita SMP diajarin buat sama bu ninuk ya kalo ga salah.. yang guru tata boga..

Vina mengatakan...

hahaha iya bener.. gawe telur asin pake baskom setelah 2week di angkat di rebus rame2 hahahaha