Sabtu, 29 Maret 2014

Eggless Moist Cake

eggless choco cake


Eggless Moist Cake untuk sarapan tadi pagi. Bingung mau buat sarapan apa berhubung di rumah telur habis, bahan2 juga habis... Kepikiran deh buat eggless moist cake ini, googling2 ketemu eggless moist cake nya catatan Nina. Langsung deh praktek 1/2 resep tanpa modifikasi sama sekali. Awalnya takut gagak juga, karena dulu pernah buat dan gagal (tapi dulu kukus, sekarang oven). Ternyata berhasil saudara2.. dan rasanya enak banget, gak krasa deh kalau cake ini tanpa telur. Saya buat di cetakan silicon kecil2, atasnya saya tabur gula. Setelah jadi langsung saya sajikan buat suami, ternyata suami suka 1piring dihabiskan semua.. Suka atau lapar ya hahahahhaa...Seneng banget deh kalau berhasil gini :). Cek resepnya ya, resep sudah saya sesuaikan 1/2 resep.

eggless moist cake


Eggless Moist Cake

Bahan :
80 grm terigu all purpouse
25 grm coklat bubuk (saya pakai bensdrop)
1 sdm susu bubuk full cream
1/2 sdt baking powder
1/4 sdt soda kue
80 grm gula pasir (resep asli 100 grm gula palm)
1/4 sdt garam
150 ml susu cair dingin / bisa diganti santan
50 ml minyak sayur kualitas baik
1/2 sdm pasta coklat - saya skip
1/2 sdm air jeruk lemon - saya skip

Cara Membuat :
1. Campur dan ayak tepung terigu, coklat bubuk, susu, baking powder dan soda kue. Aduk rata.
2. Tambahkan gula dan garam, aduk rata.
3. Masukan susu cair dingin, aduk menggunakan whisker.
4. Tuang minyak sayur dan pasta coklat, aduk rata dan tercampur.
5. Tuang ke dalam loyang/ cup/ loyang silicon yang sudah diolesi sedikit minyak, sampai agak penuh.
6. Oven suhu 190derajat celcius kira2 20-25 menit atau sampai matang. lakukan tes tusuk untuk mengetahui kematangannya.

Note :
* Api dikecilkan setelah cake sudah naik
* Cake ini lembut bisa dijadikan base cup cake dan termasuk anti gagal.
* Sebelum melakukan pengadukan bahan2 lebih baik panaskan oven terlebih dahulu.

6 komentar:

san mengatakan...

mbak vin...
yang resep ini, kalo di panggang di rice cooker bisa ga ya :)

Vina mengatakan...

Ide bagus tuh mbak sandra, kemungkinan besar bisa, kan sistemnya seperti oven. Tapi saya belum coba mbak :). Jadi pengen nyoba hahahaha.. tapi mungkin kalau pakai rice cooker 2ltr resepnya harus di kali 2. kalau pakai rice cooker 1ltr bisa pakai 1 resep. takutnya kalau rice cookernya kebesaran jadinya ketipisan :)

sandra mengatakan...

mbaaak viina..
aku dah nyobain kemaren resep yg ini, pake rice cooker. berhasil..berhasil *dora mode on*.

tp apa karna ngocoknya manual trus bentar hasilnya jadi kurang tinggi ato memang ngembangnya sekitar 4cm aja?

ntr klo aku share di blog, ijin copas resepnya lg ya mbak :)

oya mbak enakan mana coklat bubuk van houtem ama bendsdrop... (maklum masih pemula) ..aku cuma taunya van houten aja hehe..

Vina mengatakan...

Yupss sama2 say... iya, mmg gak tinggi2 bgt... Boleh di copas ke blognya.. :)

Klo coklat enak van houten say..

Blom pernah nyoba sih di mixer, coba aja mungkin bisa lbh bagus hasilnya xixixixixi

star muciela mengatakan...

Ne resep sma ky punya mb endang ( justtryandtaste )..

Vina mengatakan...

halo star muciela... Saya copas resep ini dari blog mabk Nina (catatan nina). Mungkin saja mbak Nina ambil dari blog nya mbak endang. Di atas sudah saya sebutkan kok kalau sumber googlingnya dari "catatan Nina" ^_^

Thank youu