Kamis, 28 November 2013

Memanfaatkan Cake Gagal Baking

kue kering coklat, cookies coklat


Gagal Baking?????

Hadehhhh kenapa gagal terus ya.. yang gak mekar lah, yang bantat lah, yang kurang matang... huhuhuhu.... Mau diapakan ya kue2 ini?? Masa mau masuk tong sampah, sayang banget deh telur 5biji, telur 10biji dan bahan2 lain yang terbuang sia2...

EIts, tunggu dulu saya punya solusinya.. Jangan buru2 buang kue2 gagal ke tong sampah, coba tenangkan diri dulu, kalau pesanan orang ya diam sejenak 30menit, baru baking lagi. Kalau hanya percobaan bolehlah taruh dulu beberapa jam, lalu menghela nafas.. Kue2 gagal itu bukan berarti tidak pernah menimpa ke ahli2 baking lho, ahli pun juga bisa mengalami kue gagal, jadi jangan trus menyerah hanya karena gagal 1x, 2x, 3x bahkan 5x sekalipun. 

Kemarin pagi saja saya juga mengalami kue yang gagal akibat ketaatan saya pada resep yang saya tidak tahu apakah resepnya salah ketik atau saya yang terlalu nurut hahaha.. Saya tidak menyalahkan resep atau penulis resepnya, namanya manusia pasti ada "miss" nya. Kita sebagai pembuat kue juga musti belajar mencermati resep dan melihat dengan seksama. 

chocolate cookies, kue coklat, kue kering coklat
Hasil dari Brownies kukus yang gagal mekar, jadi Kue kering coklat teman minum teh sore ^_^

Ceritanya saya membuat brownies kukus mekar, saya lupa dari mana saya copas resepnya. Yang pasti sudah ada diemail resep saya. Saya buat sambil membaca resep, dan saya berfikir kali ini saya akan mengikuti secara detail resepnya, ternyata saya tidak sadar kalau sudah overmix. Adonan yang seharusnya kental malah jadi cair.. Tapi karena saya berfikir ikuti resep sepenuhnya ya saya jalan terus aja... Setelah saya kukus tuh kue, sampai waktu kue matang, saya buka tutupan klakat saya kaget melihat kue saya yang naik dan bergelombang gak karuan hahahaha... Saya angkat, ternyata masih kurang matang tengahnya. Akhirnya saya kukus lagi sampai matang. Saya taruh aja tuh kue seharian, karena saya masih shock. Percaya gak percaya kue gagal itu tetap saja di comot 2 biji ama suami hahahahha...

Akhirnya saya sempat cerita ke senior baking, dan dapat masukan serta ide di panggang menjadi kue kering.Saya lalukan saja deh pagi ini. Akhirnya jadilah kue kering coklat yang enak buat nyemil sore2 sambil minum teh.. Gak perlu di buang kan hasil baking saya.. hehehehe....

Untuk resepnya nanti kalau saya sudah sukses buat brownies kukus mekar saya pasti akan tulis di blog ;).

Okay teman2, semangat BAKING.. Jangan takut gagal..  Maju terus pantang menyerah :)

Ciayoooo

resep kue keirng coklat, kue kering

Tidak ada komentar: