Jumat, 14 Februari 2014

CupCake Bouquet Valentine

cupcake bouquet

Cupcake bouquet valentine, pas banget saya buat untuk setor YKMK challenge #2 tema valentine. Awalnya saya mau buat donat bentuk hati, tapi karena ternyata harus yang berbau cake, atau cookies maka saya coba buat cupcake bouquet valentine saja. Tapi kali ini cupcake bouquet valentine ini beda dari cup cake pada umumnya. Beda karena ada surprise didalamnya, waktu menggigit cup cake ini ditengah akan ada cake berbentuk hati dengan warna pink menggoda yang nyempil  hehehe...

Disini saya sertakan juga cara2 nya membuat cakenya dan bouquetnya.. Semoga membantu walaupun saya juga belum mahir, bahkan ini pertama kalinya buat cupcake bouquet. tapi share gak ada salahnya kan.. hehehe...

Kali ini resep dasar cup cakenya saya ambil yang ekonomis aja, tapi enak lho.... Butter cake 2 telur bu Fat yang populer itu. Rasanya enak, lembut tidak seret di tenggorokan, cocok untuk cup cake karena agak padat. Soalnya kalau cup cake kan memang idelanya pakai type butter cake ^_^.

cupcake bouquet

cupcake bouquet


Cupcake Bouquet Valentine

Sumber : Butter cake 2 telur bu Fatmah Bahalwan NCC

Cake Heart Pink
Bahan :
60 grm mentega
1/4 sdt vanili
80 grm gula pasir - resep asli 125 grm
1 butir telur
100 grm tepung terigu protein sedang
1/2 sdt baking powder
75 ml susu cair - saya pakai susu bubuk yang dicairkan
1 tetes pewarna merah

Cara Membuat :
1. Panaskan oven 180 derajat celcius
2. Kocok mentega, gula dan vanili hingga mengembang pucat. Masukan telur, kocok lagi hingga tercampur rata dan mengembang.
3. Masukan tepung yang dicampur baking powder dan susu secara bergantian, sambil diaduk hingga rata (pakai mixer speed rendah).
4. Tuang ke loyang bulat diameter 20 cm, tinggi 3-4cm, yang telah dioles margarine dan dialasi kertas roti.
5. Panggang hingga matang, kira-kira 30 menit. Angkat, dinginkan.
6. Setelah dingin, ratakan bagian atasnya dengan pisau roti, cetak berbentuk hati dengan cutter hati atau cetakan cookies hati. sisihkan.

Buat bagian putihnya, dengan bahan yang sama tapi dengan cara yang sedikit berbeda.

Cup Cake
Bahan :
60 grm mentega
1/4 sdt vanili
80 grm gula pasir - resep asli 125 grm
1 butir telur
100 grm tepung terigu protein sedang
1/2 sdt baking powder
75 ml susu cair - saya pakai susu bubuk yang dicairkan

Cara Membuat :
1. Panaskan oven 180 derajat celcius
2. Kocok mentega, gula dan vanili hingga mengembang pucat. Masukan telur, kocok lagi hingga tercampur rata dan mengembang.
3. Masukan tepung yang dicampur baking powder dan susu secara bergantian, sambil diaduk hingga rata (pakai mixer speed rendah).
4. Tata potongan cake hati dalam cup (lihat gambar), tuang adonan cake sampai 3/4 cup.
5. Panggang hingga matang, kira-kira 30 menit. Angkat, dinginkan.
6. Setelah dingin, hias bagian atasnya sesuai selera.

heart cake
cake heart pink yang di potong dengan cookie cutter

cara membuat cupcake
masukan dulu sedikit adonan, baru taruh hati didalamnya

cupcake sebelum oven
siap dioven, karena cake ini tidak terlalu ngedome, maka idealnya waktu naruh adonan diratakan

Sebenarnya kedua bahan yang saya catat ini adalah 1 resep butter cake 2 telur NCC, tapi saya buat per bagian 1/2 resep. Apabila anda mau buat cake potong dengan resep ini, maka silahkan pakai resep ini dijadikan 1bagian lalu di tuang ke loyang kotak 22cm , lalu taburi bagian atasnya dengan kayu manis bubuk dan hias dengan kismis, atau boleh di hias sesuai selera. Ow ya, cake dasar ini juga cocok untuk membuat cake 3D atau basic cake dengan cover fondant.

Cupcake bouquet ini saya buat dengan bahan2 seadanya di rumah, toples yang saya gunakan adalah toples permen dirumah hehehehe... Dulu dapat dari teman nengok teman yang lahiran. Lalu saya isi sendiri dengan kain kasa dan gabus2, saya carving gabusnya bulat keatas, lalu di cover kain warna kuning. Tapi sayang cup cake saya ternyata kurang, jadinya kurang penuh deh cupcake bouquetnya. Tapi gakpapa semangat aja maju terus, soalnya ini juga pertama kalinya saya buat cupcake bouquet hehehe... Semoga ke depan saya bisa buat lebih baik ^_^ #jiayooo. Untuk spluit cupcakenya saya pakai Wilton 1M, bentuknya belum sempurna.. maksud hati mau baut mawar, tapi masih jelek. Tangannya kudu di lemesin lagi pegang BC dan spluit nih...


Selamat berkreasi

Vina 2014
cupcake dengan feeling cake

cupcake mawar



YKMK 2


Tidak ada komentar: